Penerimaan Mahasiswa KKN BBM Universitas Airlangga Desa Bedahan tanggal 12 Juli 2022

13 Juli 2022
Dibaca 488 Kali
Penerimaan Mahasiswa KKN BBM Universitas Airlangga Desa Bedahan tanggal 12 Juli 2022

        Penerimaan Mahasiswa KKN BBM Universitas Airlangga Desa Bedahan tanggal 12 Juli 2022

 

     Pada 12 Juli 2022 dilaksanakan penyambutan terhadap 20 mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari berbagai latar belakang keilmuan, yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Airlangga. Kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan acara tahunan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan dan membantu permasalahan di tingkat masyarakat. Kegiatan ini juga ditujukan untuk menerapkan bidang keilmuan mahasiswa agar mampu memberikan dampak positif di tengah masyarakat. Beriringan dengan tujuan KKN, Desa Bedahan secara terbuka menyambut mahasiswa dan bersedia untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pelaksanaan KKN

    Sebagai permulaan dari kegiatan KKN, mahasiswaa bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) diterima secara resmi di tingkat kecamatan. Kegiatan penerimaan mahasiswa KKN dihadiri oleh Camat Kecamatan Babat yaitu Bapak Johnny Indrianto, S.STP., M.Si. Kegiatan penerimaan mahasiswa ini beriringan dengan pelepasan mahasiswa oleh Universitas Airlangga yang kemudian diterima oleh Kecamatan Babat. Penerimaan mahasiswa oleh kecamatan merupakan penanda bahwa kegiatan KKN dimulai dan menjadi inisiator dari program kerja terintegrasi antara akademisi dengan pemerintahan. Kolaborasi program kerja yang diinisiasi oleh mahasiswa selaku akademisi dibantu dengan kecamatan selaku pihak pemerintah diiringi dengnn keterbukaan oleh mahasiswa yang didukung dengan kehadiran media dan penyedia modal akan menghasilkan suatu program yang diharapkan aplikatif dan implementatif.

     Kegiatan penerimaan mahasiswa KKN kemudian dilakukan di tingkat desa dan dihadiri oleh Bapak Yuli Driyanto selaku kepala desa, Bapak Anwar, S.Pd., M.Pd selaku sekretaris desa, Ibu Titik selaku Kepala Urusan Umum, Bapak Rio Dwi Wicaksono selaku Kepala Urusan Perencanaan, Bapak Muhammad Yunan Fanani selaku Kepala Dusun Bedahan, dan Bapak Muhammad Afif Hamzah selaku Kepala Dusun Tanggar. Kehadiran pengurus desa secara lengkap merupakan refleksi dari bentuk dukungan dan dorongan yang diberikan oleh stakeholder. Keberadaan dukungan ini diiringi dengan program kerja baru yang direncanakan oleh mahasiswa sebagai akademisi akan menghasilkan sistem kolaboratif yang mendukung pembangunan Desa Bedahan, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, lingkungan, maupun kesehatan. Sistem kolaboratif ini merupakan perwujudan dari diagram pentahelix yang mencakup program yang melibatkan pemerintah, sektor bisnis, masyarakat, media, dan akademisi.

     Diharapkan kegiatan KKN yang akan dilaksanakan selama satu bulan kedepan mampu membawa perubahan positif kepada Desa Bedahan. Dengan atmosfer positif yang disediakan oleh stakeholder diharapkan luaran kegiatan KKN ini mampu tercapai dengan baik dan masyarakat dapat menjadi lebih mandiri dan beradap.

Tim Redaksi KKN Universitas Airlangga