Peresmian Taman Baca Masyarakat dan Lomba Mewarnai

21 Juli 2022
Dibaca 391 Kali
Peresmian Taman Baca Masyarakat dan Lomba Mewarnai

Pada tanggal 14 Juli 2022, mahasiswa KKN Universitas Airlangga menyelenggarakan peresmian Taman Baca Masyarakat dan lomba mewarnai sebagai serangkaian dari kegiatan pembukaan Taman Baca Masyarakat Lentera Pustaka. Taman baca yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN ini dapat terwujud dikarenakan terdapat dukungan maksimal dari perangkat desa yang memfasilitasi tempat berdirinya taman baca. Taman baca ini didirikan dengan tujuan untuk memanfaatkan pojok Bali Desa Bedahan, sehingga meningkatkan produktivitas dari balai desa sebagai tempat masyarakat melakukan kegiatan secara bersama. 

 

Peresmian taman baca dihadiri oleh sebanyak 42 siswa dari SD Bedahan dan SD Muhammadiyah Babat. Siswa siswi dari kedua sekolah dasar ini melaksanakan kegiatan lomba mewarnai yang dipandu oleh mahasiswa KKN dan dipandu oleh Bapak dan Ibu wali murid serta pendamping yang berasal dari kedua sekolah masing-masing. Kegiatan peresmian taman baca dihadiri oleh Bapak Yuli Dariyanto selaku Kepala Desa Bedahan bersamaan dengan Kepala Dusun Tangar dan Kepala Sekolah SD Bedahan. Kehadiran dari pendamping dan perangkat desa merupakan perwujudan dari dukungan pemerintah terhadap program yang dikonsepkan oleh mahasiswa selaku akademisi. 

 

Taman Baca Masyarakat merupakan program kerja KKN dalam bidang garapan pendidikan untuk mengubah tempat yang kurang bermanfaat menjadi sarana belajar bagi anak-anak. Taman baca sebagai lentera pustaka yang dapat menumbuhkan kecintaan dan kebiasaan akan membaca. Di Taman Baca disediakan beberapa buku anak-anak seperti cerita dongeng, mengenal angka dan huruf, dan cara berhitung atau membaca. Selain itu, disediakan pula buku kategori umum seperti kesehatan dan majalah. Mahasiswa bersamaan dengan perangkat desa telah membangun tempat nyaman untuk membangun aktivitas membaca dan meningkatkan pengetahuan dengan menata dekorasi yang menarik. 

 

Terdapat pula banner yang dipasang di lokasi taman baca bertuliskan “Taman Baca Lentera Pustaka”, yang berarti taman baca sebagai penerang dengan banyak referensi pengetahuan yang disediakan. Mahasiswa KKN berkomitmen menjadikan kegiatan membaca sebagai aktivitas yang asyik dan menyenangkan. Mahasiswa KKN berharap Taman Baca Masyarakat dapat terus berkembang dengan dilengkapi buku yang semakin komprehensif dan banyak anak-anak yang tertarik untuk terus datang dan membaca maupun belajar bersama. 

 

Tim Redaksi KKN BBM 66 Universitas Airlangga