Kegiatan KKN Unair : Demo Masak Menu SiTety (Nasi Tempe Patty) bersama Ibu-Ibu PKK

28 Juli 2022
Dibaca 379 Kali
Kegiatan KKN Unair : Demo Masak Menu SiTety (Nasi Tempe Patty) bersama Ibu-Ibu PKK

Demo memasak merupakan kegiatan mempraktekkan resep masakan yang dilakukan secara langsung. Demo memasak dilakukan untuk membuat audiens memahami mengenai tata cara memasak yang benar sehingga lebih mudah ketika akan mempraktikkan resep tersebut secara mandiri. Demo memasak merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, hal ini dikarenakan kegiatan demo memasak sudah sering dilakukan dan diterapkan melalui media massa. Demo memasak biasanya menerapkan banyak jenis masakan, antara lain adalah masakan keluarga, masakan komersial, dan masakan atau menu sehat. Demo memasak yang dilakukan harus menyesuaikan dengan kebutuhan audiens dan kepasitas sasaran dalam memahami menu tertentu yang akan diterapkan. 

Demo memasak masakan sehat dengan nama menu SiTety (Nasi Tempe Patty) dilakukan untuk menunjukkan kepada sasaran, terkait dengan pilihan alternatif menu makanan yang dapat diterapkan untuk anak balita. SiTety merupakan salah satu jenis olahan makanan yang terdiri dari tempe, telur, dada ayam, bayam, dan wortel yang diolah untuk dijadikan patty sehingga lebih mudah diterima oleh anak-anak. Menu SiTeti merupakan menu yang potensial untuk diberikan pada sasaran dengan rentang usia 1-5 tahun dikarenakan tekstur yang lembut dan bahan makanan yang mudah ditemukan. Dalam satu sajian SiTety menyediakan kurang lebih 600 kkal dengan berat makanan 300 gram. Hal ini berarti densitas kalori dari menu SiTety kurang lebih adalah 2 kkal/gram makanan yang dapat dikategorikan sebagai makanan tinggi kalori. Makanan tinggi kalori sebetulnya merupakan salah satu jenis makanan yang disarankan diberikan pada anak di bawah 5 tahun dikarenakan kecenderungan penolakan dari anak terhadap makanan yang disajikan. Dengan densitas kalori makanan yang tinggi, maka meskipun anak mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit, jumlah kalori yang dikonsumsi tetap tinggi dan diharapkan memenuhi kebutuhan kalori harian. 

Demo memasak ini diselenggarakan sebagai serangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh mahasiswa KKN BBM 66 Universitas Airlangga. Kegiatan demo memasak ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sasaran terhadap inspirasi menu makanan yang bisa diterapkan dalam mengatasi permasalahan sulit makan pada anak. Sasaran pada kegiatan demo memasak kali ini adalah Kader Posyandu Desa Bedahan yang dalam waktu dekat akan melakukan lomba GEMARI, Menu PMBA, dan Senam GEMARI. Kegiatan demo memasak ini diharapkan dapat menambah wawasan kader terkait dengan jenis menu yang dapat diterapkan dalam hal pengolahan ikan dan bahan makanan lain yang dapat dijadikan salah satu pilihan dalam pembuatan menu PMBA(Praktik Pemberian Makanan Bayi dan Anak). 

Demo memasak ini dilaksanakan di Balai Desa Bedahan dengan melibatkan 20 kader posyandu yang dilaksanakan pada pukul 09.00-10.00 pada tanggal 26 Juli 2022. Kegiatan ini berjalan dengan baik yang diawali dengan sambutan yang diberikan oleh Ibu Ketua Kader Posyandu Desa Bedahan, dalam hal ini adalah Ibu Endah. Dalam acara ini, Ibu Endah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang memberikan inspirasi kepada Ibu Kader yang akan melaksanakan kegiatan lomba sehingga memiliki pandangan lain berkaitan dengan makanan dan gizi yang akan dilombakan dalam waktu dekat. 

Di akhir acara, dilakukan pembagian contoh makanan yang sudah dibuat dan tanya jawab seputar makanan dan gizi. Antusiasme yang berasal dari audiens dalam bentuk pertanyaan merupakan indikasi ketertarikan terhadap ilmu yang berkaitan dengan makanan dan gizi. Antusiasme ini merupakan kapital pengetahuan yang wajib dijaga dan dipupuk agar terjadi perkembangan pengetahuan seputar makanan dan gizi. Perkembangan pengetahuan dan penerapan ilmu makanan dan gizi merupakan atmosfer positif bagi anak-anak di Desa Bedahan, agar dapat bertumbuh menjadi anak yang sehat dengan menu makanan harian yang bergizi. 

 

Tim Redaksi KKN BBM 66 Universitas Airlangga