Kunjungan Mahasiswa KKN BBM ke-66 Universitas Airlangga ke UMKM Gapit Ketan

28 Juli 2022
Dibaca 314 Kali
Kunjungan Mahasiswa KKN BBM ke-66 Universitas Airlangga ke UMKM Gapit Ketan

 

Pada hari Kamis, 21 Juli 2022, mahasiswa KKN BBM ke-66 Universitas Airlangga melakukan studi kunjungan ke salah satu UMKM yang berada di Desa Bedahan, Gapit Ketan Matahari Pak Ismuhadi. Kelompok dari mahasiswa KKN yang terdiri dari enam mahasiswa mengunjungi UMKM ini dengan harapan untuk belajar dari pengusaha UMKM yang sudah berpengalaman dalam usahanya.

 

UMKM Gapit Ketan Matahari berdiri sejak tahun 2011 dan mulai produksi sendiri hingga tahun 2017, dengan produk pertama yaitu kerupuk gapit asin, yang saat ini menjadi produk utama dari UMKM ini. Kerupuk gapit asin merupakan salah satu jajanan khas dari daerah Babat, Lamongan, yang terbuat dari tepung ketan, telur, santan, garam, dan air putih. Dalam sehari, UMKM Gapit Ketan Matahari biasanya memulai proses produksi kerupuk gapit ketan dimulai membuat adonan kerupuk gapit ketan hingga mencetak gapit ketan mulai dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore dan mampu memproduksi 3 hingga 6 kilogram kerupuk gapit ketan dan dipasarkan ke beberapa market dengan harga Rp. 9.000. produk Gapit Ketan Matahari telah dipasarkan ke berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Gresik, Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban hingga bisa menembus pasar luar negeri yaitu sampai ke Hongkong dan Singapura.

Saat pandemi Covid-19 ternyata cukup berimbas pada produksi dan penjualan dari Gapit ketan, dimana produksi yang mampu dihasilkan oleh UMKM Gapit Ketan Matahari ini biasanya kisaran 9-10 rim perbulan menurun 6-8 rim dan untuk omset yang didapatkan biasanya sekitar ratusan juta perbulan nya namun saat pandemi hanya mampu mendapatkan puluhan juta perbulan. Namun saat ini, pasca pandemi Covid-19 UMKM Gapit Ketan Matahari ini mencoba bangkit kembali dengan membuat gebrakan inovasi salah satunya dengan beberapa produk cemilan lainnya selain kerupuk Gapit Ketan, diantaranya adalah stik keju, ngemplak, amplang ketan, dan egg roll. Dan saat ini pasca pandemi omset penjualan yang didapatkan UMKM Gapit Ketan Matahari perlahan sudah mulai kembali seperti semula. Bagi yang tertarik untuk mencoba kerupuk asli Lamongan ini dapat dipesan melalui WhatsApp ke Ibu Rina dengan nomor 081332210390.

Tim Redaksi KKN BBM ke-66 Universitas Airlangga