Sosialisasi PHBS dan Isi Piringku pada Siswa dan Siswi TK Permata Hati Bedahan

28 Juli 2022
Dibaca 283 Kali
Sosialisasi PHBS dan Isi Piringku pada Siswa dan Siswi TK Permata Hati Bedahan

Perilaku Hidup Bersih Sehat atau PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran pribadi di tingkat keluarga dan seluruh anggotanya sehingga mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. PHBS pada dasarnya merupakan sebuah upaya dalam rangka menularkan pengalaman yang berhubungan dengan perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok, maupun masyarakat luas dengan menggunakan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Pada dasarnya PHBS merupakan sebuah rekayasa sosial yang bertujuan membuat sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup yang bersih dan sehat. 

PHBS merupakan bagian dari program lain yang disebut sebagai Isi Piringku. Isi piringku merupakan program yang menekankan pola makan yang sehat yang diawali dengan mencuci tangan sebelum mengonsumsi makanan sebagai bagian dari PHBS. Kampanye isi piringku juga menekankan pada pembatasan konsumsi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari. Dalam perkembangan ilmu gizi yang terbaru, pedoman 4 sehat 5 sempurna berubah menjadi pedoman gizi seimbang yang terdiri dari 10 pesan mengenai penjagaan asupan zat gizi atau makanan. 

Kedua, program yang menjadi salah satu dari sosialisasi kementerian kesehatan tersebut merupakan pesan yang perlu diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan usia. Siswa-siswi taman kanak-kanak merupakan salah satu populasi yang potensial untuk dijadikan sasaran dalam sosialisasi PHBS dan isi piringku. Hal ini didasarkan pada waktu sosialisasi yang akan lebih baik dilakukan di awal fase kehidupan sehingga pesan-pesan kesehatan akan diingat dengan lebih lama dan diterapkan lebih awal. 

Pada tanggal 25 Juli 2022, sebagai bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Airlangga, telah dilakukan sosialisasi kepada siswa-siswi Taman Kanak-Kanak Permata Hati berkaitan dengan PHBS dan isi piringku. Sosialisasi ini dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Airlangga yang berasal dari berbagai macam bidang keilmuan. Sosialisasi PHBS dilakukan oleh mahasiswa farmasi dan ilmu gizi, sedangkan sosialisasi isi piringku dilakukan oleh mahasiswa ilmu gizi dan kesehatan masyarakat. 

Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi TK Permata Hati beserta dengan orang tua siswa dan siswi terkait. Guru TK Permata Hati juga dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi ini dan tanggapan dari tenaga pendidik TK Permata Hati menunjukkan respon yang positif dan terbuka. Keberadaan sosialisasi ini diiringi dengan pengenalan terhadap lagu cuci tangan dan lagu isi piringku kepada siswa dan siswi TK Permata Hati sebagai format edukasi yang paling memungkinkan dan aplikatif untuk diberikan pada sasaran terkait. Aktivitas positif dalam bentuk sosialisasi ini telah difasilitasi dengan sangat baik oleh tenaga pendidik TK Permata Hati yang merupakan indikasi dari adanya kepedulian tenaga pendidik terhadap penguatan pengetahuan kesehatan dari siswa dan siswi terkait. 

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang baru kepada siswa dan siswi TK Permata Hati beserta tenaga pendidik. Sosialisasi kesehatan seperti ini perlu dipelihara keberlanjutannya untuk memastikan sasaran terkait mendapatkan informasi terbaru yang benar dengan validitas yang baik. Selain itu sosialisasi kesehatan merupakan sosialisasi yang harus dijaga untuk memastikan bahwa ilmu yang diberikan akan terus diterapkan dan diingat oleh sasaran terkait.

Tim Redaksi KKN BBM Periode 66 Universitas Airlangga